Powered By Blogger

Selasa, 18 Januari 2011

[ Case 4 ]PT Kalbe Farma


Didirikan pada tahun 1966, PT Kalbe Farma Tbk. (´Perseroan´ atau Kalbe´) telah jauh berkembang dari awal mulanya sebagai usaha farmasi yang dikelola di garasi rumah pendirinya di wilayah Jakarta Utara. Selama lebih dari 40 tahun sejarah Perseroan, pengembangan usaha telah gencar dilakukan melalui akuisisi strategis terhadap perusahaan-perusahaan farmasi lainnya, membangun merek-merek produk yang unggul dan menjangkau pasar internasional dalam rangka transformasi Kalbe menjadi perusahaan produk kesehatan serta nutrisi yang terintegrasi dengan daya inovasi, strategi pemasaran, pengembangan merek, distribusi, kekuatan keuangan, keahlian riset dan pengembangan serta produksi yang sulit ditandingi dalam mewujudkan misinya untuk meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik. Grup Kalbe telah menangani portofolio merek yang handal dan beragam untuk produk obat resep, obat
bebas, minuman energi dan nutrisi, yang dilengkapi dengan kekuatan bisnis usaha kemasan dan distribusi yang menjangkau lebih dari 1 juta outlet. Perseroan telah berhasil memposisikan merek-mereknya sebagai pemimpin di dalam masing-masing kategori terapi dan segmen industri tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai pasar internasional, dengan produk-produk kesehatan dan obat-obatan yang telah senantiasa menjadi andalan keluarga seperti Promag, Mixagrip, Woods, Komix, Prenagen dan Extra Joss. Lebih jauh, pembinaan dan pengembangan aliansi dengan mitra kerja internasional telah mendorong pengembangan usaha Kalbe di pasar
internasional dan partisipasi dalam proyek-proyek riset dan pengembangan yang canggih serta memberi kontribusi dalam penemuan terbaru di dalam bidang kesehatan dan farmasi termasuk riset sel punca dan kanker. Pelaksanaan konsolidasi Grup pada tahun 2005 telah memperkuat kemampuan produksi, pemasaran dan keuangan Perseroan sehingga meningkatkan kapabilitas dalam rangka memperluas usaha Kalbe baik di tingkat lokal maupun internasional. Saat ini, Kalbe adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara yang sahamnya telah dicatat di bursa efek dengan nilai kapitalisasi pasar di atas US$ 1 miliar dan penjualan melebihi Rp 7 triliun. Posisi kas yang sangat baik saat ini juga memberikan fleksibilitas yang luas dalam pengembangan usaha Kalbe di masa mendatang.
1. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran
Visi:  Menjadi Perusahaan yang dominan dalam bidang kesehatan di Indonesia dan
memiliki eksistensi di pasar global dengan merek dagang yang kuat, didasarkan oleh
manajemen, ilmu dan teknologi yang unggul.
Misi:
-Meningkatkan Kesehatan untuk Kehidupan yang Lebih Baik
-Sebagai perusahaan farmasi terbesar ketiga di Asia Tenggara, Kalbe Farma
memiliki nilai-nilai perusahaan yang diterapkan yaitu:  
1.Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan
2.Gigih untuk Mencapai yang Terbaik
3.Kerjasama yang Kokoh
4.Inovasi
5.Lincah
6.Integritas
 Kelebihan perencanaan strategis lembaga bisnis
Dalam merumuskan dan mempersiapkan perencanaan strategis harus dilakukan
dengan beberapa langkah mulai dari perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran
kemudian mengenali lingkungan organisasi, analisis pasar, mempersiapkan semua
faktor penunjang keberhasilan hingga menghasilkan sistem umpan balik. Dalam
rencana strategisnya dapat dilihat bahwa perusahaan Kalbe Farma telah melaksanakan
langkah-langkah tersebut, mulai dari visi&misi yang jelas. Dalm visi&misi tersebut
tergambar dengan jelas apa yang ingin dituju oleh perusahaan.
Kemudian perusahaan tersebut juga telah melakukan pengenalan lingkungan
organisasi dengan baik, Kalbe farma telah mengetahui posisi dimana ia berada
sebagai salah satu produsen obat terbesar ke 3 seASEAN. Dengan posisi tersebut
maka juga akan menentukan kebijakan perusahaan dalam memberikan pelayanan
terbaik kepada masyarakat.


Pembahasan :

Dalam hal ini PT Kalbe Farma telah mengembangkan usaha dengan gencar dan dilakukan melalui akuisisi strategis terhadap perusahaan-perusahaan farmasi lainnya, membangun merek-merek produk yang unggul dan menjangkau pasar internasional dalam rangka transformasi Kalbe menjadi perusahaan produk kesehatan serta nutrisi yang terintegrasi dengan daya inovasi, strategi pemasaran, pengembangan merek, distribusi, kekuatan keuangan, keahlian riset dan pengembangan serta produksi yang sulit ditandingi dalam mewujudkan misinya untuk meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.Dan PT kalbe farma mempromosikan produknya agar dikenal oleh semua masyarakat,sebagai buktinya banyak masyarakat yang menggunakan produk dari PT Kalbe farma tersebutMulai dari obat yang satu ke-obat yang lainnya.Dan visi dan misi yang dimiliki oleh PT Kalbe Farma bertujuan untuk mengembangkan usahanya agar menjadi raja atas obat tidak hanya di Indonesia,melainkan ke luar negri juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar